ITEKES BALI

Institut Teknologi dan Kesehatan Bali

Institute of Technology and Health Bali

The 1st Bali BICHS (Biennial International Conference on Health Sciences)

The 1st Bali BICHS (Biennial International Conference on Health Sciences)

The 1st Bali BICHS (Biennial International Conference on Health Sciences)

Sebagai salah satu upaya mewujudkan misi menjadi institusi yang bertaraf international, ITEKES Bali memprakarsai kegiatan The 1st Bali Biennial International Conference on Health Sciences (Bali BICHS). Dengan mengangkat tema "Healthcare innovation for optimal health", Bali BICHS bertujuan meningkatkan kualitas pelayanan dan perkembangan inovasi kesehatan di berbagai sektor. Berlokasi di kampus II ITEKES Bali, kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Rektor ITEKES Bali, yaitu Bapak I Putu Darma Suyasa, S.Kp.,M.Ng.,Ph.D. Bali BICHS pada tanggal 13 Juli 2019, dengan mengundang 9 pembicara, yaitu:

  1. Prof. Dr. Chanuantong Tanasugarn (Mahidol University, Thailand) in tiltle "Innovation in healthcare"
  2. I Gede Putu Darma Suyasa, S.Kp., M.Ng., Ph.D (ITEKES Bali, Indonesia) in title "A new model for the development of a self-care guideline"
  3. Prof. Chien-Huei Kao, Ph.D (National Taipei University of Nursing and Health Sciences/NTUNHS, Taiwan) in title "Innovation around midwifes
  4. Kamolrat Turner, Ph.D (PBRI, Thailand) in title "Innovation in Health and Education"
  5. Prof. La-iad Jamjan, RN., Ed.D (St. Louis College, Thailand) in title "Inter-discipline learning for nursing innovation: lesson learned from SLC"
  6. Dr. Muhammad Hadi, S.KM., M.Kep (AINEC, Indonesia) in title "Strengthening collaboration between practitioner and researcher to improve nursing innovation"
  7. Desak Ketut Ernawati, PGPharm., Mpharm., PhD (Udayana University, Indonesia) in title "Innovation in pharmaceutical care"
  8. Fumihiro Naruse (Rehabilitation Consulting Company, Kyoto, Japan) in title "Innovation in physiotherapy"
  9. Dr. Pande Putu Januraga, DrPH, MD (Udayana University, Indonesia)

Selain pembicara, Bali BICHS juga memberikan kesempatan kepada peneliti dan innovator-inovator di bidang kesehatan untuk mempresentasikan dan mempublikasikan hasil penelitian mereka. Terhitung 98 abstrak telah disetujui dan akan dipresentasikan baik dalam bentuk oral presentation maupun poster presentation. Terkait publikasi peserta, Bali BICHS bekerjasama dengan Scitepress sebagai publisher. Kegiatan The 1st(First) Bali BICHS ini diikuti oleh total 325 peserta, yang berasal tidak hanya dari Indonesia, tapi juga dari Thailand, Taiwan, dan Jepang. Melihat antusias peserta mengikuti kegiatan ini, serta untuk terus mendukung perubahan dan inovasi di bidang kesehatan, pihak penyelenggara berencana akan menjadikan kegiatan BICHS ini sebagai agenda rutin, dimana akan diselenggarakan setiap 2 tahun sekali.

BICHS

BICHS

BICHSBICHS