ITEKES BALI

Institut Teknologi dan Kesehatan Bali

Institute of Technology and Health Bali

Kegiatan Ujian OSCE Prodi Sarjana Kebidanan

Kegiatan Ujian OSCE Prodi Sarjana Kebidanan

Pendidikan profesi bidan merupakan suatu sistem yang bertujuan menghasilkan lulusan bidan yang berkualitas dan kompeten dalam bidang kebidanan. Penyelenggara pendidikan kebidanan harus menjamin lulusannya menjadi kompeten sehingga lulusan dapat memberikan pelayanan yang berkualitas. Lulusan yang mempunyai kemampuan baik dalam memberikan pelayanan kepada perempuan khususnya ibu & bayinya dan keluarganya akan memberikan kontribusi besar dalam mencapai keluarga sehat dan berkualitas. Disamping itu diharapkan para lulusan mampu meningkatkan kualitas hidup dan mengisi dunia kerja. Keberhasilan pendidikan kebidanan dalam mengantarkan lulusannya untuk diserap dan diakui oleh dunia kerja serta masyarakat, akan menimbulkan pengakuan dan kepercayaan di masyarakat terhadap mutu pendidikan kebidanan tersebut. Kemampuan klinis merupakan satu dari banyak komponen penting yang mempengaruhi kualitas lulusan. Menstandarisasi lingkungan praktik, pembimbing serta standar dalam proses pembimbingan klinik hingga evaluasi keterampilan klinis adalah beberapa hal yang penting untuk diperhatikan.

Untuk menjawab tantangan diatas ITEKES Bali sebagai salah satu institusi pendidikan tenaga kesehatan dan sekaligus mitra kerja pemerintah dalam mencetak lulusan tenaga kesehatan khususnya tenaga bidan, berupaya menghasilkan lulusan yang berkualitas yang mempunyai pengetahuan, keterampilan dan sikap yang sesuai dengan kewenangan profesinya. Komitmen ini sesuai dengan visi dan misi prodi pendidikan profesi bidan untuk menghasilkan tenaga kebidanan yang inovatif dalam upaya promotif dan preventif dalam pelayanan kebidanan, sehingga mampu memberikan pelayanan kesehatan yang komprehesif dan berkualitas.

Untuk mencapai tujuan tersebut maka diselenggarakan ujian Objective Structured Clinical Examination (OSCE) untuk setiap mahasiswa pendidikan profesi bidan. OSCE merupakan bagian yang berperan dalam menilai keterampilan klinis mahasiwa secara objektif dan terstruktur. Kompetensi klinis yang harus dicapai pada profesi, dengan memperhatikan kemampuan berpikir kritis serta pengambilan keputusan klinis, pembelajaran refleksi dan praktiknya, pemberian feedback yang efektif serta menggunakan metode sesuai evidence terkini dalam mengevaluasi keterampilan klinis mahasiswa. Objective Structured Clinical Examinations (OSCE) merupakan bagian dari sistem penilaian yang menguji kompetensi dan keterampilan klinis mahasiswa secara objektif dan terstruktur, sebab pengamatan dilakukan langsung pada tiap mahasiswa lebih terstruktur, terencana, dan visibel. Diselenggarakan mulai dari persiapan sampai dengan pelaksanaan mulai dari tanggal Senin, 15 Januari 2024 sampai 18 Januari 2024.